Home | Looking for something? Sign In | New here?

Rabu, 12 Maret 2008

Menjalankan Program File di Web

/ On : 21.04/ Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung di BLOG saya yang sederhana ini. Semoga memberikan manfaat meski tidak sebesar yang Anda harapakan. untuk itu, berikanlah kritik, saran dan masukan dengan memberikan komentar. Jika Anda ingin berdiskusi atau memiliki pertanyaan seputar artikel ini, silahkan hubungan saya lebih lanjut via e-mail di machfud.edu@gmail.com.
Menjalankan Program File di Web

Author: Administrator | Published: 26th February 2007
Category: Internet dan Web

Mengamati informasi suatu file terkadang dapat menjadi hal yang menyenangkan. Menggunakan program file, kita dapat menelanjangi file tersebut dan melihat tipenya. Hampir tidak ada file yang luput dari kemampuan program file ini. Sayangnya, sampai saat ini, kebanyakan program seperti Konqueror ataupun Nautilus lebih senang untuk menampilkan tipe suatu file dalam format singkat dan padat. Hal tersebut dirasa wajar-wajar saja karena mereka menawarkan fungsi lain yang jauh lebih kompleks daripada hanya sekadar menampilkan keluaran dari program file.

Sementara itu, kemampuan Apache dalam menampilkan daftar file dan direktori sangatlah menyenangkan untuk diamati dan dipelajari. Begitu Anda meminta apache untuk menampilkan daftar tersebut, maka Anda dapat dengan mudah men-download ataupun sekedar membaca isi file tersebut. Sayang beribu sayang, Apache tidak akan menampilkan deskripsi semua file. Dengan sebuah shell script sederhana, sebenarnya kemampuan untuk bertingkah laku seperti kemampuan menampilkan daftar file dan direktori seperti Apache dapat dibuat asalkan fungsi url encoding dan decoding telah disediakan. Hal tersebut diperlukan karena nama file dapat mengandung karakter-karakter yang harus di-encode dahulu sebelum dikirimkan dan harus didecode ketika akan diproses.

Sumber: InfoLinux 09/2003

0 komentar:


ShoutMix chat widget